Simetri Lipat dan Simetri Putar. Simetri Lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk oleh suatu bidang datar menjadi 2 bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar maka dapat dilakukan dengan membuat percobaan dengan membuat potongan kertar yang ukurannya mirip dengan yang akan diuji coba. Lipat-lipat kertas tersebut untuk menjadi dua bagian sama besar. Jika suatu bangun dilipat menjadi dua, sehingga lipatan yang satu dapat menutup bagian yang lain dengan tepat, maka dikatakan bangun tersebut memiliki simetri lipat. Simetri Putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar di mana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Suatu bangun mempunyai simetri putar jika ada satu titik pusat dan bangun tersebut dapat diputar kurang dari satu putaran penuh sehingga bayangannya tepat pada bangun semula. Percobaan dapat dilakukan mirip dengan percobaan pa...
Kita guru dituntut untuk membuat sejumlah soal sesuai dengan KD (Kompetensi Dasar) mata pelajaran yang ditempuh. Setiap guru diharapakan untuk menyelesaikan administrasi berupa Analisis Hasil Test (ANATES). Banyak aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat analisis hasil test seperti Microsoft Excel,dan lain– lain. Baik itu gratis maupun berbayar. Salah satu software yang gratis dan bagus menurut saya adalah ANATES, karena sangat praktis dan dalam bahasa Indonesia. Lumayan buat mempermudah pekerjaan. Program ANATES ini dikembangkan oleh Bapak Drs. Karno To, M.Pd. seorang dosen Psikologi di UPI dan Bapak Yudi Wibisono, S.T. Fasilitas yang ada dalam program ANATES: 1. Penyekoran Data, meliputi: Memasukan skor data hasil tes Membobot skor data sesuai yang dibutuhkan 2. Pengolahan Data, meliputi: Reliabilitas Kelompok unggul dan asor Daya Pembeda ...
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang prinsip penyelenggaraan pendidikan,yang mengatakan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauaan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran tidak lain adalah memajukan daya pikir peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar adalah matematika, yang merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat memajukan daya pikir peserta didik. Hal ini terlihat pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi Lulusan KTSP SD dan MI tahun 2006, menegas bahwa matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. ...
Komentar
Posting Komentar